Sebulan, 51 Buronan Ditangkap

JAKARTA-Kejaksaa Agung mengoptimalkan penangkapan buronan yang ada 31 kejakaaan tinggi di Indonesia melalui program tabur (tangkap buronan) 31:1. Sejak dicanangkan program itu atau sebulan terakhir telah berhasil menangkap 51 buronan.

Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM Intel), Jan S Maringka mengatakan, program tersebut merupakan hasil rekomendasi rapat kerja nasional. Hingga periode Januari 2018, program Tabur 31:1 telah menangkap sebanyak 51 buronan.

“Yaitu tangkap buronan dari masing-masing kejati itu dari 31 masing-masing satu buron setiap bulannya,” ujarnya di sela penandatanganan MoU dengan tiga BUMN terkait Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4), di Kejaksaan Agung, Rabu (7/2).

Jan berharap program Tabur 31:1 dapat mempercepat membantu penyelesaian eksekusi pelaku tindak pidana yang melarikan diri, baik buron tersangka, terdakwa maupun terpidana.

“Kita berharap tidak hanya eksekusi badan, juga nantinya kita telusuri diaset hasil kejahatannya,” terangnya.

Jan juga berharap, dengan adanya peran wakil jaksa agung dapat menghidupkan kembali tim pemburu pelaku tindak pidana dan aset hasil kejahatan, “Itu bentukan dari Menkopolhukam yang diketuai wakil jaksa agung,” jelasnya.

Jan menambahkan, bila kejaksaan tinggi kesulitan dalam menangkap buronan, maka bisa meminta bantuan Kejagung. “Kita memiliki Adhyaksa Monitoring Center (AMC). Kita punya sarana dan fasilitas itu,” katanya.(jul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *