Polri Bentuk Satgas Anti Politik Uang

JAKARTA-Polri konsentrasi dalam pencegahan politik uang pada pemilihan kepala daerah, di antaranya di wilayah Jawa Tengah dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Anti Politik Uang.  

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul mengatakan, pembentukan Satgas Anti Politik Uang ditingkat wilayah, di antaranya di Polda Jawa Tengah untuk membantu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam memberantas praktik politik uang menjelang Pilkada serentak di 171 daerah pada Juni 2018.

“Cara kerja satgas ini tidak terlepas dari Undang-undang Pemilu. Satgas ini memantau dan memonitor adanya mahar politik, penegakannya ada di Bawaslu,” ujarnya, Rabu (10/1).

Dia mengatakan, Satgas tersebut akan bekerja di empat tahapan pilkada serentak. Mulai dari pendaftaran calon kepala daerah. “Pertama memonitor dipencalonan ini yang akan berakhir hari ini pukul 24.00 WIB,” terangnya.

Kemudian, Satgas Money Politic juga akan bekerja pada tahap pemilihan kepala daerah, penetapan calon pemenang kepala daerah dan  pengajuan gugatan pilkada di Mahkamah Konstitusi. 

“Ini adalah point dari satgas untuk memonitor adanya money politic dan kecurangan,” katanya.

Martin menambahkan anggaran oprasinal satgas tersebut bersumber dari dana dukungan oprasional dan dana kontijensi yang ada di tiap satuan kerja Polri.(Jul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *