Minimalisir Kecelakaan Konstruksi, Menteri PUPR Kumpulkan Kontraktor

JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berjanji akan meminimalisir angka kecelakaan konstruksi terhadap proyek infrastruktur yang saat ini tengah dikerjakan kementeriannya.

“Bagaimana caranya, nanti saya kumpulkan kontraktor,” ujarnya di sela acara penandatanganan nota kesepahaman antar Kejaksaan Agung dengan Kementerian BUMN, Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan, di Kejaksaan Agung, Kamis (1/3).

Basuki juga meminta agar para kontraktor proyek patuh dan melaksanakan semua rekomendasi Komite Keselamatan Konstruksi, agar kecelakaan kerja tidak kembali terjadi.

“Misalkan pengawasannya, sumber daya manusianya, peralatannya. Harap cek semuanya sebelum mulai kerja,” terangnya.

Kementerian PUPR juga mengandeng Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan (TP4) Kejaksaan Agung, namun kata Basuki, TP4 tidak masuk pada tahap teknis pengerjaan konstruksi di lapangan.

“Dia (TP4 masuk) dalam pengadaan barang jasa, dalam menangani aduan-aduan masyarakat. Jadi untuk pencegahan hal-hal seperti itu, kalau teknis tidak masuk,” terangnya.

Basuki juga memastikan, jika dikemudian hari terjadi kembali kecelakaan konstrukasi, pihaknya akan kooperatif dengan penegak hukum meskipun telah mendapatkan pendampingan TP4. “Itu jalan terus, kalau tindak pidana penindakan tetap jalan terus,” katanya.(Jul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *