MA Minta Ikahi Jaga Kepercayaan Publik

JAKARTA-Ketua Mahkamah Agung (MA), Hatta Ali meminta agar Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) mendorong para hakim dalam menjaga kepercayaan publik.

“Karena kepercayaan publik merupakan penopang suatu profesi,” ujarnya dalam sambutan seminar nasional dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) IKAHI ke-65 yang mengangkat tema “IKAHI Bertekad Menjaga Integritas Hakim.”

Hatta menambahkan, kepercayaan publik merupakan kompetensi dan integeritas. Kedua hal tersebut akan mengangkat marwah pengadilan dan mempengaruhi putusan lembaga pengadilan.

“Kepercayaan publik terhadap hakim tidak lepas dari lembaga pengadilan sehingga IKAHI berusaha agar independensi tersebut tidak dikurangi dalam keadaan apa pun,” ujarnya.

Ketua Umum Pengurus Pusat IKAHI Suhadi menambahkan integritas sangat penting bagi seorang hakim.

“Hakim yang berintegritas tinggi terwujud pada sikap setia dan patuh terhadap nilai dan norma dalam melaksanakan tugas,” katanya.

Suhadi menambahkah, Integritas tinggi akan menopang pribadi yang tahan terhadap godaan dan mendengarkan suara hatinya dalam menegakan keadilan dan kebenaran.(jul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *