M Adi Toegarisman Rumuskan Pemberantasan Korupsi dalam Proyek Strategis

JAKARTA-Jaksa M Adi Toegarisman merumuskan terobosan hukum yang dapat dipergunakan sebagai langkah strategis untuk menyelamatkan proyek strategis nasional yang digerogoti para koruptor. Rumusannya sebagai praktisi hukum itu dituangkannya dalam buku kedua berjudul ‘Pemberantasan Korupsi dalam Proyek Strategis Nasional yang diterbitkan oleh PT Kompas Media Nusantara.

Buku setebal 178 halaman itu memamparkan analisis ekonomi atau hukum digunakan sebagai konsep untuk efektivitas pemberantasan korupsi, dan prioritas pembangunan ekonomi atau hukum. Buku ini juga menganalisis korupsi dan pemberantasannya dari disiplin ilmu hukum, disiplin ilmu ekonomi dan ilmu kebijakan publik.

“Pendekatan penulisan buku menggunakan berbagai disiplin ilmu; seperti ilmu ekonomi; ilmu kebijakan publik, dan tentu saja, ilmu hukum sebagai disiplin ilmu yang melatarbelakangi pendidikan dan karier dalam kehidupannya. Dan, lebih penting adalah ide DR. M Adi Toegarisman SH, MH dalam membuat terobosan hukum yang dapat dipergunakan sebagai langkah strategis untuk menyelamatkan proyek strategis nasional dari gerogotan tindak pidana koruspi,” ujar Guru Besar Hukum Pidana Universtas Padjajaran, Bandung, Prof Dr Romli Atmasasmita seperti yang tertuang di sampul belakang buku tersebut.

Mantan hakim agung, Prof Dr Komariah E Sapardjaja juga turut mengapresiasi gagasan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (JAM Pidsus) tersebut.

“Buku ini sangat menarik. Karena, caranya menulis adalah campuran pengalaman praktik dan pemikiran ilmiahnya. Data yang disajikan lengkap dan berisi permasalahan yang sesungguhnya cukup rumit untuk dikaji. Bagi orang awam, data dan potensial lost akibat perbuatan korupsi sangat mencengangkan. Betapa banyak kerugian negara yang tidak pernah kembali,” ujarnya yang tertuang dalam cover belakang buku itu.

Adi merupakan jaksa yang mulai bekerja dilingkungan Kejaksaan sejak 1988. Dia pernah menjabat Jaksa Agung Muda Intelijen, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus dan Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan RI.(r7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *