Kejaksaan Akan Gandeng Rusia

JAKARTA – Kejaksaan Agung RI (Kejagung) mendapat kunjungan kehormatan Duta Besar Rusia untuk ASEAN Alexander A Ivanov, Jumat (16/3). Alexander disambut langsung Jaksa Agung, HM Prasetyo di Gedung Utama Kejagung. Pada pertemuan tersebut, keduanya membahas beberapa isu salah satunya mengenai penegakan hukum di Indonesia. Menurut Prasetyo, Rusia ingin menggali lebih dalam permasalahan hukum yang ditangani Kejagung.

“Jadi saya sampaikan ‎beberapa permasalahan khususnya kasus-kasus tindak pidana serius yang menjadi konsen dan perhatian semua negara, masalah korupsi, masalah narkotika dan masalah terorisme termasuk juga cyber crime.” tuturnya.

Indonesia dan Rusia pun sepakat bahwa semua kejahatan tersebut perlu mendapat perhatian dan penanganan khusus. Prasetyo pun mengusulkan agar dibentuk kerja sama di bidang hukum kedua negara. “Khususnya antar Jaksa Agung Rusia dengan Jaksa Agung Indonesia,” ujarnya.

Prasetyo juga menuturkan bahwa Indonesia dan Rusia pernah menjalin kerjasama pada 2006 lalu, “Waktu itu sudah ditandatangani antara Kejagung RI dengan Kejagung Rusia, tapi sudah berakhir pada desember 2016,” katanya.

Prasetyo pun mengusulkan agar kerjasama tersebut dihidupkan kembali. Dia mencontohkan, saat ini telah terbentuk China-ASEAN legal Forum yang beranggotakan Jaksa agung se-ASEAN dan China termasuk pengacara di dunia.

“Saya ceritakan betapa manfaatnya legal forum itu dan alangkah baiknya kalau legal forum yang sama dibangun untuk ASEAN dan Rusia. Dia sangat tertarik dan sependapat. Ini akan mencairkan dan mempererat hubungan hukum antar negara ASEAN khususnya Indonesia.” ujarnya.(jul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *