JA Kawal Kemendes

JAKARTA – Kejaksaan Agung mendatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi terkait koordinasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.

Penandatanganan langsung dilakukan oleh Jaksa Agung HM. Prasetyo dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Eko Putro Sandjoj dan diikuti penandatanganan kerja sama dengan Jaksa Agung Muda Pembinaan, Jaksa Agung Muda Intelijen, Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha dan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Agung dengan Sekertaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi.

Dalam sambutannya Prasetyo mengatakan Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla telah memasuki tahap ketiga dari Rencana Pembangunan Jangka Menegah (RPJM) III.

Pemerintah juga telah mengucurkan dana di alokasi APBN 2018 yang mencapai Rp. 60 triliun untuk membiayai pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan daerah.

“Tekad kita bersama agar penyaluran dana desa terhindar dari berbagai bentuk penyimpangan dan penyelewengan dalam pengelolaannya,” ujarnya, Kamis (15/2).

Prasetyo juga menjelaskan, adanya nota kesepahaman merupakan bentuk komitmen Kejaksaan dalam program pengawalan dan pengamanan pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. “Ini merupakan ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di desa dan daerah tertinggal,” terangnya.

Sedangkan ruang lingkup nota kesepahaman tersebut meliputi pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lain di bidang lerdata dan tata usaha negara (Datun), pengawalan dan pengamanan oleh Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4) Pusat maupun Daerah.

“Koordinasi dan optimalisasi kegiatan lemulihan aset, pengawalan dana desa melalui program jaksa masuk desa, penyediaan data, informasi, keterangan saksi dan/atau ahli terkait penanganan perkara pidana dan pengembangan sumber daya manusia,” ujar Prasetyo.(r7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *