Cagub dari Polri Belum Mengundurkan Diri

JAKARTA-Mabes Polri mengaku belum menerima surat pengunduran diri keempat perwira aktif yang akan mengikuti kontestasi pemilihan kepada daerah (Pilkada) serentak 2018.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas (Karopenmas Divhumas) Polri, Brigjen Mohammad Iqbal mengatakan, para Perwira Tinggi (Pati) Polri tersebut telah melapor ke Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

“Sampai sekarang belum. Dan memang beberapa perwira tersebut sudah menyampaikan kepada Bapak Kapolri bahwa akan ikut dalam pilkada serentak ini,” ujarnya, Senin (8/1).

Iqbal juga menjelaskan, pada prinsipnya Polri tidak membatasi anggotanya untuk terjun dalam politik praktis. Namun ada aturan main yang mesti ditaati.

“Tetapi ada regulasi. Dan Bapak Kapolri sudah mengeluarkan surat telegram rahasia kemarin bahwa ke empat perwira ini, tiga perwira tinggi dan satu perwira menengah di Nusa Tenggara Timur (NTT) itu tidak lagi pada jabatan strukturan tapi jabatan fungsional,” terangnya.

Menurut Iqbal, mutasi tersebut menunjukan bahwa Polri akan netral dalam Pilkada tersebut. “Itu menandakan sudah warning. Yang kedua menandakan tidak ada lagi kewenanagan atau untuk mengerahkan kewenangan jabatannya,” tandasnya.(Jul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *